Rekomendasi 5 Film Terbaik Tentang Hukum. Part II

SHARE:

Baca Juga :
Rekomendasi Film Tentang Hukum Part II
Rekomendasi Film Tentang Hukum Part II

Pada artikel sebelumnya yang membahas tentang Rekomendasi 5 Film Terbaik Tentang Hukum. Part I, sudah diulas lima film yang wajib ditonton oleh kalian yang tertarik untuk belajar tentang hukum dan melihat paradigma hukum secara luas. Film yang sudah dibahas kemarin antara lain yakni The Client, Michael Clayton, Erin Brockovich, On The Basis Of Sex, dan The Paper Chase.

Sekali lagi harus diakui bahwa belajar dengan menonton film itu merupakan salah satu metode belajar yang efektif dan efisien, karena saat menonton film kita selain mendapatkan ilmu penting yang bermanfaat, juga akan merasa terhibur lewat akting dari aktor maupun aktris yang memerankan film tersebut.

Oleh karena itu langsung saja berikut ini ada lima rekomendasi film tentang hukum yang bisa ditonton untuk memperluas paradigma tentang hukum itu sendiri :

Rekomendasi Film Terbaik Tentang Hukum
Gambar : via Vox.com

1. JFK

JFK adalah sebuah film thriller hukum-konspirasi sejarah Amerika Serikat yang rilis pada tahun 1991 yang disutradarai oleh Oliver Stone. Film ini bercerita tentang bagaimana usaha seorang pengacara asal New Orleans, Jim Garrison yang diperankan oleh Kevin Costner dalam usahanya mengungkap motif, dalang dan keterlibatan pihak lain dalam pembunuhan John F. Kennerdy.

Dalam sebuah kesempatan, Oliver Stone (Sutradara dari film ini) menjelaskan bahwa JFK bukan film yang mengangkat kisah nyata. Film JFK hanya mengeksplorasi semua kemungkinan skenario mengapa Kennedy terbunuh dan siapa yang membunuhnya.
Rekomendasi Film Terbaik Tentang Hukum
Gambar : via Empireonline.com

2. Class Action

Class Action adalah film drama hukum Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1991 yang disutradarai oleh Michael Apted. Film ini mengisahkan tentang perseteruan antaran ayah (Jedediah Tucker Ward) dan putrinya Maggie Ward sebagai pengacara dalam sebuah kasus besar.

Pada film ini kita akan belajar bagaimana integritas seorang pengacara harus dipertaruhkan ketika harus menjalankan profesinya. Apalagi dalam film ini diceritakan bahwa ibu dari sang anak meminta agar berdamai saja dengan ayahnya terkait dengan kasus tersebut.
Rekomendasi Film Terbaik Tentang Hukum
Gambar : via TheGuardian.com

3. The Judge 

Film keren ini dibintangi oleh  Robert Downey Jr. yang mana kita ketahui bersama dia adalah aktor terkenal dan juga pemeran fim action "Ironman" dan Avenger. Film yang disutradarai oleh David Dobkin ini bercerita tentang seorang pengacara sukses yang kembali ke kempung halamannya karena mendapatkan kabar bahwa ibunya meninggal. Setibanya di kampung halamannya juga, dia mengetahui bahwa ayahnya yang merupakan seorang hakim tertuduh dalam sebuah kasus pembunuhan, dia pun harus berupaya untuk membela ayahnya agar bisa bebas.

Film ini diwarnai dengan kisah balas dendam, pengkhianatan, integritas dan moral yang tentunya akan memberikan kita banyak pelajaran berharga.

Rekomendasi Film Terbaik Tentang Hukum
Gambar : via Rottentomatoes.com

4. The Gingerbread Man

Ini adalah film thriller hukum Amerika yang disutradarai oleh Robert Altman dan dirilis pada tahun 1998. Film ini bercerita tentang seorang pengacara (Rick) yang telah bercerai dengan pasangan sebelumnya, kemudian bertemu dengan seorang wanita (Mallory) dan memulai hubungan dengannya. Dalam perjalanannya, wanita tersebut meminta sang pengacara untuk mengajukan gugatan terhadap ayahnya (Dixon) karena sikapnya yang sangat keras dan kasar. Kasus pun kemudian berjalan dan Hakim memutuskan bahwa ayahnya harus masuk rumah sakit jiwa. Hubungan keduanya pun dilanjutkan dan pada suatu momen ayah dari wanita tersebut berhasil kabur dari rumah sakit jiwa dan melakukan mulai balas dendam.  

Rekomendasi Film Terbaik Tentang Hukum
Gambar : via Time.com

5. Marshall

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang pengacara (Thurgood Marshall) berkulit hitam di Amerika Serikat yang berjuang dalam melawan diskriminasi dan rasisme hingga ia mencapai puncak karirnya. Film yang disutradarai oleh Reginald Hudlin ini ingin menunjukkan kepada kita tentang bagaimana kondisi Amerika yang selalu memandang sebelah mata kaum kulit hitam dan bagaimana pentingnya keadilan dan persamaan hak yang harus dimiliki oleh setiap manusia, apapun latar belakangnya.

Nah, itu dia enam rekomendasi film hukum yang bisa menjadi referensi bagi anda dalam memperdalam ilmu hukum dengan cara yang seru dan menyenangkan. Rekomendasi film lainnya akan dibuatkan di part selanjutnya. Selamat belajar

Penulis : Angelo Emanuel Flavio Seac

Artikel ini terbit pertama kali di Fianosa. Baca artikel sumber.

COMMENTS

Dapatkan update Informasi tentang Hukum dari Lawvios.com. Mari bergabung di Grup Telegram "DISKUSI CERDAS TENTANG HUKUM", caranya klik link https://bit.ly/diskusicerdastentanghukum , kemudian join.
Lawvios.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis apa saja tentang hukum. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Abolisi,1,Advokat,2,Amnesti,1,Arti Penyitaan,1,Banding,1,Barrister,1,Beslag,1,Burgerlijk Wetboek,1,Cakap Hukum,1,Cara Lapor Polisi,1,Cara Membuat Laporan Polisi,1,Cara Menjadi Advokat,1,Cara Menjadi Hakim,1,Cara Menjadi Jaksa,1,Cara Menjadi Notaris,1,Contoh Kejahatan,1,Contoh Laporan Polisi,1,Contoh Pelanggaran,1,Contoh SP2HP,1,Contoh SPDP,1,Contoh STPL,1,Contoh Surat Dakwaan,1,Defenisi Penahanan,1,Delik Aduan,1,Delik Biasa,1,Delik Formil,1,Delik Materiil,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Film Hukum,3,Fungsi Komisi Yudisial,1,Grasi,1,Hakim,1,Hukum Perdata,5,Hukum Pidana,12,Hukum Tata Negara,6,Ius,1,Ius Constituendum,1,Ius Constitutum,1,Jaksa,1,Jaksa Penuntut Umum,1,Jenis penahanan,1,Jenis Penyitaan,1,Jenis Putusan Hakim,2,Jenis Tindak Pidana,1,Justice Collaborator,1,Kasasi,1,Kasasi Demi Kepentingan Hukum,1,Kasus Bullying,1,Kejahatan,2,Kejaksaan Agung,1,Kejaksaan Republik Indonesia,2,Kejaksaan RI,2,Kewenangan Kejaksaan,1,Kewenangan Komisi Yudisial,1,Kewenangan Mahakamah Agung,1,Kewenangan Mahkamah Konstitutsi,1,Kewenangan Pengadilan Tinggi,1,Komisi Yudisial,1,Komisi Yudisial Republik Indonesia,1,Kompetensi Absolut,1,Kompetensi Relatif,1,KY,1,Laporan Polisi,1,Latihan Soal Hukum,1,Mahkamah Agung,1,Mahkamah Konstitusi,1,Materi Hukum Perdata,2,Materi Hukum Pidana,1,Materi Hukum Tata Negara,1,Notaris,1,onrechtmatige daad,1,Pelanggaran,1,Pelanggaran Perbedaan Kejahatan dan Pelanggaran,1,Penahanan,1,Penahanan Kota,1,Penahanan Rumah,1,Penahanan Rutan,1,Penasehat Hukum,1,Pengacara,2,Pengadilan Tinggi,1,Peninjauan Kembali,1,Penyitaan,1,Perbedaan Delik Biasa dan Delik Aduan,1,Perbedaan Lembaga Bantuan Hukum dengan Kantor Pengacara,1,Perbuatan Melawan Hukum,1,Perdata,8,Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia,1,Pidana,14,PMH,1,Praperadilan,1,Profesi Hukum,4,Putusan Hakim,2,Putusan Perdata,1,Rehabilitasi,1,Sanksi Hukum,1,Sita,1,Solicitor,1,Somasi,1,Surat Dakwaan,1,Tips Hukum,6,Tugas Kejaksaan,1,Tugas Komisi Yudisial,1,Tugas Mahkamah Agung,1,Tugas Mahkamah Konstitusi,1,Tugas Pengadilan Tinggi,1,Upaya Hukum,1,Upaya Hukum Biasa,1,Upaya Hukum Luar Biasa,1,Upaya Hukum Perkara Pidana,1,Usia Dewasa,1,Wanprestasi,1,
ltr
item
Lawvios - Website Layanan Hukum Terbaik: Rekomendasi 5 Film Terbaik Tentang Hukum. Part II
Rekomendasi 5 Film Terbaik Tentang Hukum. Part II
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoLpTPrcwrMVRwdWvxcO764xPDCHLD9ZfqQ9d91rpjyfMzzND9huqP25CReXQphP6AuTolePO9NjsYImNIDCcjtLRaxoILwYvYV0MxPzeeEMI5dbFhY4x5QB2-7KB0fJlGTmlnCNjmu-i9NKwSNok65t9RCuvowoPNWvIu3TzVdpgQfAANs1iCJuoGkw/w640-h426/Rekomendasi%20Film%20Tentang%20Hukum%20Part%20II.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoLpTPrcwrMVRwdWvxcO764xPDCHLD9ZfqQ9d91rpjyfMzzND9huqP25CReXQphP6AuTolePO9NjsYImNIDCcjtLRaxoILwYvYV0MxPzeeEMI5dbFhY4x5QB2-7KB0fJlGTmlnCNjmu-i9NKwSNok65t9RCuvowoPNWvIu3TzVdpgQfAANs1iCJuoGkw/s72-w640-c-h426/Rekomendasi%20Film%20Tentang%20Hukum%20Part%20II.png
Lawvios - Website Layanan Hukum Terbaik
https://www.lawvios.com/2022/08/rekomendasi-5-film-terbaik-tentang_31.html
https://www.lawvios.com/
https://www.lawvios.com/
https://www.lawvios.com/2022/08/rekomendasi-5-film-terbaik-tentang_31.html
true
1685325852554607058
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content