5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum

SHARE:

Baca Juga :
5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum
5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum

 Buat kamu Para Mahasiswa Hukum, Praktisi Hukum ataupun yang tertarik dengan Dunia Hukum, tentu tidak ada salahnya jika mencari referensi dan juga pengalaman melalui film ataupun Drama yang ditayangkan di Televisi. Karena Film maupun drama tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi kita, tergantung bagaimana cara pandang kita tersebut.

Terkait dengan Film ataupun drama itu sendiri, suka tidak suka harus kita akui bersama kalau Serial Drama yang berasa dari Korea Selatan atau yang dikenal dengan Negeri Gingseng tersebut memiliki banyak penggemar terutama di Indonesia. Orang orang sering menyebutnya dengan istilah Drakor atau Drama Korea.

Nah bagaiamana kalau Drama Korea tersebut terkait dengan praktek hukum atau mengangkat kisah tentang Mahasiswa Hukum, Jaksa, Pengacara, Hakim dan profesi yang terkait dengan hukum? Tentu saja menarik bukan? Oleh karena itu buat kamu yang penasaran tentang Drakor alias Drama Korea Tentang Hukum, berikut ini adalah beberapa Rekomendasinya :

Drama Korea : Law School. Photo via hellokpop.com

1. Law School - 2021

Disutradarai oleh Kim Suk Yoon, drama tayang pada tanggal 14 bulan April 2021 ini mengisahkan tentang kehidupan Para Mahasiswa Hukum yang Ambisius di Kampus serta dinamika yang mereka temui di kehidupan sehari hari berkaitan dengan dunia hukum.

Terdapat tiga tokoh utama yang menonjol dalam drama ini yakni seorang mantan jaksa elit bernama Yang Jong Hoon yang kini menjadi seorang  profesor hukum Pidana di sebuah Universitas. Iya dikenal cukup tegas dan agak kasar ucapannya sehingga ia cenderung dihindari oleh para mahasiswa.

Kemudian  ada seorang mahasiswa hukum yang masih baru bernama Han Joon Hwi. Dia cukup populer dan unggul dikelas didukung dengan ketampanannya serta kharisma yang dimiliki. Namun, ada sisi tak terduga dari dirinya yang tetap tersembunyi.

Selalin HanJoon Hwi, berikutnya tokoh Mahasiswa baru lainnya bernama Kang Sol (A) yang bercita -cita menjadi pengacara yang baik. Dia merupakan orang yang seba kekurangan sejak masa kecilnya, namun semangat juangnya sangat tinggi untuk mewujudkan cita-citanya.

Yang berikutnya adalah seorang profesor hukum perdata bernama Kim Eun Sook, ia merupakan teman kepercayaan dari Yang Jong Hoon. Sikapnya sangat ramah terhadap para mahasiswa hukum yang ada di Universitas tersebut.

Drama Korea Hyena 2020
Drama Korea : Hyena. Photo via hellokpop

2. Hyena - 2020

Disutradarai oleh Jang Tae-yoo, Drama yang memiliki 16 episode  ini mengisahkan tentang kehidupan pengacara di Korea Selatan yang penuh dengan intrik dan dinamika dengan memunculkan dua tokoh utama yakni Yoon Hee-Jae (Ju Ji-hoon ) dan Jung Geum-Ja ( Ki  Hye-soo ). Mereka berdua adalah pengacara yang hanya bekerja untuk 1% golongan masyarakat kelas atas atau kaya.

Jung Geum-Ja adalah seorang pengacara yang memprioritaskan uang dengan berbekal naluri bertahan hidup yang kuat. Dia akan menggunakan segala cara untuk memenangkan kasus yang dia tangani tanpa memperdulikan aturan maupun etika. Karena sikapnya tersebut ditambah dengan kesombongannya ia dibenci oleh para koleganya

Sedangkan Yoon Hee-Jae adalah seorang pengacara elit, yang cerdas dan percaya diri dalam pekerjaannya. Dalam kisahnya, Geum Ja sengaja mendekati Hee Jae untuk mengalahnya dalam sebuah kasus gugat cerai. 

Drama Korea : Welcome 2 Life
Drama Korea : Welcome 2 Life. Photo via hellokpop.com

3. Welcome 2 Life - 2019

Drama Welcome 2 Life ini disutradarai oleh Kim Keung Hong dan Sim So Yeon dengan total jumlah keseluruhan episodenya sebayak 32. Drama ini mengisahkan soerang Pengacara terkenal bernama Lee Jae-Sang (Rain). Ia bekerja di JK Law Firm, yang mana kantor tersebut salah satu firma hukum terbesar di Korea Selatan. 

Lee Jae Sang ini dikisahkan sebagai seorang pengacara yang sangat baik, yang hanya peduli tentang  keuntungannya, yang kemudian mengalami kecelakaan mobil misterius dan ditarik ke dunia paralel.

Di duni pararel tersebut Lee Jae-Sang bukan lagi seorang pengacara, melainkan ia menjadi seorang jaksa yang sangat tegas dalam menjalankan hukum. Disitulah ia mulai berjuang untuk mengatasi dirinya yang berbeda.

Drama Korea : Lawless lawyer - 2018.
Drama Korea : Lawless lawyer - 2018. Photo via hellokpop.com

4. Lawless Lawyer - 2018

Drama yang disutradarai oleh Kim Jin Min ini mengisahkan tentang seorang tokoh utama bernama Bong Sang-Pil (Le Joon-gi) yang berhenti menjadi seorang gangster untuk menjadi seorang pengacara demi membalaskan dendam atas kematian tragis ibu kandungnya. 

Ia mulai mengejar orang-orang yang memiliki pengaruh dan kuasa  dan selalu berpikir bahwa mereka itu kebal hukum. Berbekal keterampilan dan relasi yang diperoleh saat menjadi seorang gangster, ia mulai membangun reputasinya sebagai pengacara terkenal. 

Dalam perjalanan ia bertemu dengan Ha Jae Yi adalah seorang pengacara muda yang lisensinya ditangguhkan ketika dia memukul hakim atas keputusan yang tidak adil selama persidangan. Jae Yi akhirnya bekerja untuk Sang Pil agar dia bisa terus melunasi hutang ayahnya.

Kedua tokoh utama tersebut terlibat dalam sebuah kasus melibatkan Cha Moon Sook, seorang hakim senior dan Ahn Oh Joo, seorang mantan gangster yang sekarang menjadi CEO sebuah perusahaan besar. 

Drama Korea Defendant.
Drama Korea : Defendant. Photo via asianwiki.com

5. Defendant - 2017

Drama yang disutradarai oleh Jo Young-Gwang ini mengisahkan tentang seorang jaksa bernama Park Jung Woo ( Ji Sung ), yang dalam menjalani pekerjaannya dengan jujur, tegas dan berani.

Diluar pekerjaannya sebagai jakasa yang berintegritas, ia memiliki kehidupan yang normal dengan memiliki keluarga yang bahagia. Namun dalam perjalanannya ia harus menghadapi kenyataan pada suatu hari disaat ia terbangun dan menemukan dirinya berada didalam penjara, dan dia menjadi bingung serta bertanya-tanya mengapa ia berada di dalam penjara.

Akhirnya ia menyadari bahwa ia mengalami amnesia secara misterius yang menyebabkan ia tidak mengingat kejadian mengapa ia dipenjara, bahkan Ia pun dituduh membunuh istri dan anaknya.

Dalam usaha untuk memulihakan nama baik serta ingatannya tersebut, ia kemudian berusaha untuk mencoba kabur dari penjara dan membuktikan bahwa ia tak bersalah. 

Itulah lima rekomendasi Drama Korea tentang hukum yang bisa jadi referensimu dalam menambah pengalaman serta mengenal dunia dan profesi hukum itu sendiri.

Penulis : Angelo Flavio Seac

Artikel ini terbit pertama kali di Fianosa. Baca artikel sumber.

COMMENTS

Dapatkan update Informasi tentang Hukum dari Lawvios.com. Mari bergabung di Grup Telegram "DISKUSI CERDAS TENTANG HUKUM", caranya klik link https://bit.ly/diskusicerdastentanghukum , kemudian join.
Lawvios.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis apa saja tentang hukum. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Abolisi,1,Advokat,2,Amnesti,1,Arti Penyitaan,1,Banding,1,Barrister,1,Beslag,1,Burgerlijk Wetboek,1,Cakap Hukum,1,Cara Lapor Polisi,1,Cara Membuat Laporan Polisi,1,Cara Menjadi Advokat,1,Cara Menjadi Hakim,1,Cara Menjadi Jaksa,1,Cara Menjadi Notaris,1,Contoh Kejahatan,1,Contoh Laporan Polisi,1,Contoh Pelanggaran,1,Contoh SP2HP,1,Contoh SPDP,1,Contoh STPL,1,Contoh Surat Dakwaan,1,Defenisi Penahanan,1,Delik Aduan,1,Delik Biasa,1,Delik Formil,1,Delik Materiil,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Film Hukum,3,Fungsi Komisi Yudisial,1,Grasi,1,Hakim,1,Hukum Perdata,5,Hukum Pidana,12,Hukum Tata Negara,6,Ius,1,Ius Constituendum,1,Ius Constitutum,1,Jaksa,1,Jaksa Penuntut Umum,1,Jenis penahanan,1,Jenis Penyitaan,1,Jenis Putusan Hakim,2,Jenis Tindak Pidana,1,Justice Collaborator,1,Kasasi,1,Kasasi Demi Kepentingan Hukum,1,Kasus Bullying,1,Kejahatan,2,Kejaksaan Agung,1,Kejaksaan Republik Indonesia,2,Kejaksaan RI,2,Kewenangan Kejaksaan,1,Kewenangan Komisi Yudisial,1,Kewenangan Mahakamah Agung,1,Kewenangan Mahkamah Konstitutsi,1,Kewenangan Pengadilan Tinggi,1,Komisi Yudisial,1,Komisi Yudisial Republik Indonesia,1,Kompetensi Absolut,1,Kompetensi Relatif,1,KY,1,Laporan Polisi,1,Latihan Soal Hukum,1,Mahkamah Agung,1,Mahkamah Konstitusi,1,Materi Hukum Perdata,2,Materi Hukum Pidana,1,Materi Hukum Tata Negara,1,Notaris,1,onrechtmatige daad,1,Pelanggaran,1,Pelanggaran Perbedaan Kejahatan dan Pelanggaran,1,Penahanan,1,Penahanan Kota,1,Penahanan Rumah,1,Penahanan Rutan,1,Penasehat Hukum,1,Pengacara,2,Pengadilan Tinggi,1,Peninjauan Kembali,1,Penyitaan,1,Perbedaan Delik Biasa dan Delik Aduan,1,Perbedaan Lembaga Bantuan Hukum dengan Kantor Pengacara,1,Perbuatan Melawan Hukum,1,Perdata,8,Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia,1,Pidana,14,PMH,1,Praperadilan,1,Profesi Hukum,4,Putusan Hakim,2,Putusan Perdata,1,Rehabilitasi,1,Sanksi Hukum,1,Sita,1,Solicitor,1,Somasi,1,Surat Dakwaan,1,Tips Hukum,6,Tugas Kejaksaan,1,Tugas Komisi Yudisial,1,Tugas Mahkamah Agung,1,Tugas Mahkamah Konstitusi,1,Tugas Pengadilan Tinggi,1,Upaya Hukum,1,Upaya Hukum Biasa,1,Upaya Hukum Luar Biasa,1,Upaya Hukum Perkara Pidana,1,Usia Dewasa,1,Wanprestasi,1,
ltr
item
Lawvios - Website Layanan Hukum Terbaik: 5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum
5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyIWp6499kS6_K9ilUGJtjtSL6TBf6f5jRh6FShaHZhG7BS4p2GbIAhgdmm1lBvzomtDbop2_eXemSkcTZjBKWzf1efye0uFj8vC4eiNIfHG9dehLDos4-gMQYKI7p3g-jiX0gkFKV5o2xFaNfbIwN3frtAJwO-IsZFDm4mOeQ9tsi5ML05ynTjM1sdg/w640-h426/Rekomendasi%20Drama%20Korea%20Tentang%20Hukum.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyIWp6499kS6_K9ilUGJtjtSL6TBf6f5jRh6FShaHZhG7BS4p2GbIAhgdmm1lBvzomtDbop2_eXemSkcTZjBKWzf1efye0uFj8vC4eiNIfHG9dehLDos4-gMQYKI7p3g-jiX0gkFKV5o2xFaNfbIwN3frtAJwO-IsZFDm4mOeQ9tsi5ML05ynTjM1sdg/s72-w640-c-h426/Rekomendasi%20Drama%20Korea%20Tentang%20Hukum.png
Lawvios - Website Layanan Hukum Terbaik
https://www.lawvios.com/2022/08/5-rekomendasi-drama-korea-tentang-hukum.html
https://www.lawvios.com/
https://www.lawvios.com/
https://www.lawvios.com/2022/08/5-rekomendasi-drama-korea-tentang-hukum.html
true
1685325852554607058
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content